Cara Memilih Niche Blog Terbaik untuk Blog Baru Anda

Jika uang bukanlah motivasi Anda dalam membuat blog – Anda tidak perlu kwatir tentang hal ini, dan Anda tidak perlu terlalu pusing untuk menentukan niche blog yang tepat untuk blog Anda. Jadi bagaimana cara memilih niche blog terbaik untuk blog baru Anda?

Jika Anda merasa terbebani dengan banyaknya pilihan niche diluar sana, jangan khawatir. Panduan ini akan membawa Anda melalui tips bagaimana memilih niche blog yang tepat untuk bisnis Anda .

Tetapi biasanya, seiring berjalanya waktu orang mulai berfikir untuk mendapatkan uang dari blog. Nah inilah awal dari kesalahan dalam membuat blog, tanpa berfikir panjang orang langsung memutuskan.

Cara memilih niche blog

Memilih topik blog sekarang menjadi lebih populer dikalangan blogger. Ini adalah hal terpenting sebelum memulai blogging dan mendapatkan uang.

Untuk membangun sebuah blog yang sukses adalah dengan cara memilih niche blog yang tepat sesuai passion Anda – Jangan sampai membuat kesalahan dalam menentukan niche blog Anda , ini akan berakibat fatal dalam pertumbuhan blog Anda kedepan .

Teman saya bertanya kepada saya ” bagaimana sih cara memilih niche blog yang tepat untuk blog baru saya ? ” , dan akupun menjawab ” apa yang kamu suka dan apa yang kamu bisa ” .

Jawaban yang simpel bukan ? Begi ini analoginya, jika Anda suka memelihara ayam dan Anda ahli dalam bidang itu, apa jadinya jika Anda memelihara harimau padahal Anda tidak suka dan bahkan Anda tidak tahu bagaimana cara memeliharanya.

Tentu saja bisnis Anda bisa sukses apabila Anda memelihara ayam karena Anda suka dan dan tahu cara bagaimana memelihara ayam, tapi bisnis Anda akan mati apabila Anda memelihara harimau karena Anda tidak tahu bagaimana cara memeliharanya.

Namun tidak menuntut kemungkinan bisnis Anda akan sukses apabila memelihara harimau asalkan Anda belajar bagaimana cara memelihara harimau.

Nah seperti itulah bagaimana cara memilih niche blog untuk blog baru Anda.

Jadi bagaimana cara memilih niche blog yang tepat sesuai passion saya ?

# Apa yang membuat Anda tertarik ?

Tanyakan pada diri Anda. Apa yang membuat Anda tertarik dan Apa yang kamu bisa!

Jangan kamu menulis sesuatu dengan apa yang tidak kamu suka dan apa yang tidak kamu bisa. Ini hanya akan membuat Anda frutasi dikemudian hari. Hal ini akan memungkinkan Anda kehabisan ide dikemudian hari, dan lebih parahnya Anda mulai malas karna tidak menemukan gairah dalam blogging.

Gairah dalam blogging adalah suatu sikap yang positif. Dengan bergairah kita menjadi semangat dalam blogging ( itu pasti ) . Oleh sebab itu saya selalu merekomendasikan blogger baru untuk memilih niche yang paling diminati dan yang mereka bisa.

Ada beberapa alasan lain mengapa harus memilih topik yang sesuai dengan passion Anda – Passion akan membuat Anda menulis dengan hati, ini karena Anda menyukainya. Selain itu, pembaca akan suka karena ini ditulis dengan hati. Hal ini memungkinkan mereka lebih mudah memahami tulisan Anda yang tulus.

Jika Anda tidak perduli dengan semua ini. Apakah pembaca akan perduli dengan tulisan Anda ? Renungkanlah dalam hati.

# Aku memiliki banyak pilihan niche yang ku suka. Bagaimana cara memilihnya ?

Ini adalah pertanyaan yang paling penting untuk ditanyakan kepada diri Anda sendiri dan jika Anda memiliki banyak niche yang Anda suka, Anda harus memilih salah satu diantara mereka yang paling Anda suka dari yang suka.

Saya benar-benar percaya bahwa Andalah yang bisa mencawab pertanyaan Anda sendiri.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menjawab, cobalah tehnik ini: Mulailah dengan menulis dari niche pilihan pertama Anda. Buat daftar 10 judul artikel blog yang berbeda. Jika Anda tidak bisa menulis 10 daftar judul niche tersebut, maka ini mungkin bukan niche yang tepat untuk Anda. Apabila Anda dapat menyelesaikan daftar judul 10 artikel tersebut, namun Anda kesulitan dalam menulis artikel tersebut, berarti ini tidak cocok untuk Anda.

Jika Anda berhasil menulis daftar 10 artikel dan Anda sangat senang, itu dapat dipastikan itulah passion Anda. Maka Anda perlu mempertimbangkan niche Anda ini.

Sekarang jika Anda sudah merasa yakin. Dalami niche Anda, dan pelajari lebih lanjut supaya Anda ahli dalam niche tersebut.

# Apakah Niche / Topik pilihan saya menguntungkan?

Sekarang Anda perlu mencari tahu apakah niche blog Anda menguntungkan atau tidak. Anda dapat mencari tahu dengan cara berkunjung di blog tetangga yang memiliki niche yang sama dengan Anda.

Lihat blog tersebut terdapat iklan dan link affiliasi. Jika ada maka niche pilihan Anda tersebut menguntungkan ( anda boleh bergembira ).

Boleh jujur deh, apapun pilihan niche blog Anda dapat di uangkan dari program periklana Google Adsense. Namun yang sering menjadi masalah adalah adakah peminat / pembaca topik pilihan Anda tersebut.

Inilah yang menjadi penentu nasib pendapatan Anda dari niche tersebut – semakin banyak peminat dan semakin banyak pengunjung inilah kunci dari nilai pendapatan Anda.

# Seberapa kompetitif niche / topik Anda

Jika Anda seorang pemula, Anda perlu memikirkan atau melihat seberapa kompetitif niche blog Anda. Ini penting untuk mendapatkan kemudahan peringkat di mesin pencari untuk mendapatkan lalu lintas ke blog Anda.

Semakin rendah kompetitor Anda semakin mudah untuk peringkat. Namun hal ini memungkinkan Anda tidak memiliki banyak pengunjung. Ini disebabkan karena kurangnya peminat pembaca maka tidak terlalu berat kompetitor Anda.

Idealnya semakin tinggi kompetitor semakin baik lalu lintas yang Anda terima. Namun konsekuensinya berat dalam pertarungan peringkat di mesin pencari.

Anda perlu lihai dalam hal SEO. Jika tidak kemungkinan besar blog Anda tidak akan mendapatkan pengunjung dan Anda kehilangan uang dari kerja keras Anda.

Untuk melihat seberapa kompetitif dan kepopuleran niche blog, Anda dapat menggunakan tool gratis ini untuk melihatnya.

Google Keyword Planner (gratis) – ini adalah bagian dari Google Adwords yang memungkinkan Anda melakukan penelitian kata kunci dengan cepat. Ini adalah alat untuk meneliti kata kunci Anda dan untuk meneliti seberapa kompetitif kata kunci tersebut.

Google Trends (gratis) – melihat tren historis untuk kata kunci tertentu penting untuk mendapatkan gagasan apakah niche Anda mengalami penurunan, atau semakin populer.

# Meningkatkan kemampuan dalam niche Anda

Anda sudah dijalan yang tepat. Saatnya Anda mempertajam kemampuan Anda didalam niche yang Anda pilih.

Tenang jangan takut. Hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar.

Dari mana saya bisa belajar? Sangat mudah, asal Anda mau membaca dan mempratekkan.

Banyak blogger yang menulis sama dengan niche Anda. Pelajari bagaimana mereka melakukan dan praktekkan apa yang mereka suruh lakukan, dan lakukan terus hingga Anda benar benar paham dengan semua itu.

Jika Anda masih merasa kurang Anda bisa membeli buku yang sesuai dengan niche Anda di toko toko buku dekat Anda, atau Anda bisa bergabung di forum, grub yang membahasa niche yang sama dengan Anda.

Jika Anda sudah merasa Ahli, mulailah menulis artikel pertama Anda. Buatlah artikel yang benar benar berbeda ( berbeda bukan berarti beda tulisan namun tetap sama intinya itu percuma ).

Menulislah lebih mendalam dan lebih detail dari artikel yang sudah Anda baca. Hal ini memungkinkan pembaca akan terus datang ke blog Anda tanpa Anda suruh, mereka ikhlas karena mereka percaya Anda adalah ahli pemecah masalah mereka.

Jadi intinya keahlian adalah kunci utama untuk sukses dan membawa Anda bahagia karena kerja Anda dihargai oleh orang.

Kesimpulan dari Topik Cara Memilih Niche Blog

Memilih niche yang tepat untuk blog Anda adalah penting.

Pilih topik yang salah bisa menghabiskan banyak waktu Anda, dan juga banyak uang.

Yang benar adalah membangun blog yang sukses membutuhkan waktu dan Anda perlu bekerja untuk jangka panjang.

Dengan memikirkan betapa bergairahnya Anda, keahlian Anda dan mana yang akan menguntungkan Anda dapat mengurangi kekecewaan dan menempatkan diri Anda pada jalur yang benar sejak awal pembuatan blog.

Related Post